Makan Buah Plum Bisa Melangsingkan Badan, Benarkah?

Makan Buah Plum Bisa Melangsingkan Badan, Benarkah?
Makan Buah Plum Bisa Melangsingkan Badan, Benarkah? Tahukah Anda? di luar sana ada 1001 cara yang menjanjikan Anda bisa menurunkan berat badan dengan cepat. Kalau Anda termasuk orang yang cukup aktif seliweran di media sosial, mungkin memerhatikan banyak toko-toko online menjajakan buah plum kering (prune) dalam kemasan atau dalam versi jus botolannya yang diklaim manjur buat diet pelangsing badan.
Plum atau prem secara umum memang menyehatkan. Tetapi, apakah buah ungu asam ini benar-benar efektif untuk menurunkan kelebihan berat badan?

Buah plum adalah buah super kaya nutrisi

Buah plum secara umum aman untuk dikonsumsi karena mengandung lebih dari 15 vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi tubuh, di antaranya:
  • 170 mcg zat besi per 100 gram plum, untuk bantu mencegah anemia.
  • 9,5 mg vitamin C per 100 gr plum, untuk bantu memenuhi 10% dari kebutuhan harian.
  • 1 gram serat untuk melancarkan pencernaan.
  • 157 mg kalium, untuk bantu menjaga kestabilan tekanan darah.
  • 278.50 mcg boron, untuk membantu mencegah risiko osteoporosis.
Selain itu, satu buah prem menyediakan seporsi kecil vitamin B, fosfor, dan magnesium. Plum juga diperkaya oleh jenis gula unik bernama sorbitol yang dapat merangsang kerja sistem pencernaan tubuh.
Berbagai nutrisi baik yang terkandung dalam plum ini saling bekerja sama untuk menghadirkan begitu banyak manfaat bagi kesehatan. Mulai dari mencegah sembelit hingga menurunkan kolesterol dan gula darah.
Plum juga mengandung antioksidan tinggi yang dapat melawan kerusakan sel tubuh akibat efek radikal bebas.

Benarkah makan plum bisa menurunkan berat badan?

Plum diklaim sebagai buah camilan yang bagus untuk diet karena minim kalori. Satu buah plum segar seberat 100 gram kira-kira mengandung 30-45 kalori.
Buah plum juga termasuk makanan tinggi serat yang dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama sehingga mengurangi asupan kalori tambahan yang tidak perlu. Plum kering bahkan mengandung kadar serat yang lebih tinggi lagi, yaitu 7 gram serat per 100 gram berat buah.
Selain itu, plum memiliki indeks angka glikemik yang rendah. Artinya, meski rasa plum manis, buah ungu tua ini tidak akan menaikkan kadar gula darah Anda langsung drastis. Mencegah naiknya kadar gula secara tiba-tiba dapat menjaga selera makan Anda sehingga tidak makan berlebihan.
Anggapan buah plum baik sebagai makanan diet turut datang dari kandungan gula sorbitolnya. Sorbitol bersifat laksatif, alias pencahar, yang mampu membantu tubuh lebih cepat menguras kelebihan berat air lewat rutinitas BAB yang lebih lancar.

Jangan utamakan plum sebagai solusi diet Anda

Dilihat sekilas, buah plum tampaknya memiliki  potensi yang cukup menjanjikan sebagai makanan penurun berat badan.
Namun demikian, bukan berarti Anda boleh berlebihan makan buah plum sebagai camilan sambil tetap makan banyak karena menganggap buah tersebut minim kalori. Kebanyakan makan buah plum tetap akan menambah asupan gula dan karbohidrat yang tidak perlu, sehingga tidak akan efektif membantu diet Anda?
Apalagi jika Anda memilih versi jusnya. Jus buah plum memiliki kadar kalori yang lebih tinggi dibandingkan jus buah-buahan lain. Satu gelas jus plum tanpa gula bisa mengandung sekitar 180 kkal. Bandingkan dengan jus jeruk dengan porsi yang sama, hanya mengandung sekitar 45 kalori.
Selain itu, kalori yang berbentuk cair (jus buah) juga akan terasa kurang mengenyangkan dibandingkan apabila Anda mengonsumsi buah-buahan segar. Inilah yang seringkali menyebabkan konsumsi jus buah berlebihan.

Kebanyakan makan plum berisiko timbulkan efek samping

Di samping peningkatan kalori yang tidak perlu, kebanyakan makan plum karena terbuai oleh klaim iklan diet malah akan merisikokan munculnya efek samping merepotkan pada pencernaan Anda.
Kandungan sorbitol dan serat dalam buah plum dapat memicu produksi gas lambung berlebihan yang membuat perut terasa begah. Sifat laksatif plum juga dapat menyebabkan diare atau malah memicu sembelit apabila Anda tidak menyeimbangkannya dengan banyak minum air.

Tetap makan sehat dan rajin olahraga

Bukan berarti Anda sama sekali tidak boleh makan buah plum. Plum tetaplah buah yang sehat dan baik dikonsumsi untuk mencukupi kebutuhan gizi harian Anda.
Tetapi, jangan jadikan plum sebagai satu-satunya cara Anda berdiet tanpa memedulikan faktor lainnya. Diet yang baik sesungguhnya terdiri dari kebiasaan makan sehat seimbang serta diimbangi oleh rutinitas olahraga yang konsisten.

Comments

Popular posts from this blog

Kemendikbud Kirim 100 Guru Untuk Tunaikan Pendidikan Anak Indonesia Di Malaysia

Mendikbud Berikan Penghargaan Kepada 13 Pegiat Bahasa Dalam Kongres Bahasa Indonesia XI

Apakah Yang Terjadi Jika Tubuh Kekurangan Protein?